mujamil blog's

kumpulan catatan ringan pengisi waktu luang…

Koin Kehidupan

KOIN KEHIDUPAN

Torehan perjalanan hidup seorang hamba

Temen-temen semua pasti penah melihat koin…

koin adalah salah satu jenis alat tukar yang terbuat dari logam, alumunium atau perak…

sebuah koin hanya memiliki dua sisi tidak lebih

sisi pertama biasanya bertuliskan angka nilai uang tersebut, dan satu sisi yang lain biasanya tertera sebuah gambar…

masing-masing sisi mempunyai hubungan saling mengikat satu sama lain, sebuah koin menjadi tidak bernilai apabila salah satu sisinya terhapus…misalkan angka atau gambarnya….

perpaduan kedua sisi koinlah yang menjadikan ia dapat bernilai….

hal di atas hanya sebuah ilustrasi dari sebuah koin mata uang….

sekarang mari kita akan sedikit membahas tentang KOIN KEHIDUPAN

koin kehidupan juga memiliki dua sisi yang saling mengikat satu sama lain

jika salah satu sisinya tidak ada….maka berhati-hatilah koin kehidupan ini tidak akan membawa kita selamat dunia dan akhirat

Sisi pertama koin kehidupan adalah SYUKUR dan sisi keduanya adalah SABAR (koin SS)

temen-temen semua…

roda kehidupan selalu berputar….kadang di atas kadang di bawah…atau mungkin ada juga yang selalu di atas atau selau di bawah dalam artinya roda kehidupannya tidak berputar….

berikut kita definisikan posisi diatas identik dengan kemudahan hidup (dalam arti apa yang dia inginkan di dunia ini tidak ada yang sulit untuk mendapatkannya). semuanya serba mudah tersedia, tinggal usaha sedikit maka ia akan mendapatkan apa yang diinginkannya, kelurga harmonis, anak istri bahagia, hidup rukun, damai dan tentram menikmati indahnya dunia. singkat kata orang seperti dalam bahasa kita sudah menikmati surganya dunia.

dan sebaliknya posisi di bawah identik dengan kesulitan hidup, kesusahan, ketidakbahagiaan dan kondisi sulit lainnya. mungkin ada orang2 disekitar kita atau bahkan mungkin kita sendiri pernah mengalami masa2 sulit. jangankan untuk membeli segala fasilitas keduniawian, untuk makan/kehidupan sehari-hari saja harus pinjem sana, pinjem sini…

temen-temen semua…

tahukah kita…bahwa baik kondisi di atas atau di bawah adalah semata2 UJIAN HIDUP

Ujian tidak selamanya identik dengan kesulitan hidup, kemudahan hidup pun itu pada hakikatnya adalah ujian juga…

betapa banyak orang yang sudah memiliki semua apa yang menjadi perhiasan dunia menjadi tidak inget, lupa diri, bahkan mungkin untuk beribadah saja pakai hitungan2 matematika dunia. kalau ada untungnya baru dia lakukan….

atau orang yang dalam hidupnya senantiasa dirundung kesulitan, kesusahan menjadi tidak sabar bahkan mungkin sampi berburuk sangka kepada Alloh…nauzubillah….

temen-temen semua…

Alloh percayalah Alloh menjadikan kedua kondisi di atas adalah semata mata sebagai ujian terhadap hambanya….

Alloh sendiri telah memberikan rambu-rambunya untuk menghadapi ke dua kondisi di atas….

yaitu SYUKUR dan SABAR

Syukur pada saat kita pada posisi di atas dan

Sabar pada saat posisi kita di bawah…

memang dua kata ini menjadi amat mudah untuk di ucapkan…namun sungguh susah pada saat kita mengalami salah satu dari dua kondisi di atas. mungkin kita merasa enteng untuk menasehati temen atau siapapun yang kita temui dalam keadaan kesulitan dengan ucapan sabar yah..nanti juga ada jalan keluar…nanti juga pasti ada solusinya…yang penting teruslah berikhtiar….jangn putus asa…dst….

bagi kita yang pernah mengalami masa2 sulit, mungkin ucapan tersebut di atas…agak sedikit bermakna (atau setidaknya ungkapan dari lubuk hati yang terdalam karena pernah merasakan kesulitan-kesulitan hidup sebelumnya). Namun bagi kita yang hidupnya lurus lurus saja…biasa2 aja…tidak pernah mengalami kesulitan yang berarti dalam hidup ini ucapan tadi hanya sebatas untaian kalimat tanpa makna tak berjiwa….

temen-temen semua…

saya termasuk orang yang pernah mengalami kondisi di bawah tadi….

mungkin orang lain bingung nanti mau makan dimana, atau makan pakai apa yah nanti….

sebaliknya saya pernah mengalami saat saat dimana saya mengatakan dalam hati..mudah2an nanti ada yang baik hati mau ngajak makan…besok gimana yah…ada  ga uang untuk sekedar beli nasi putih saja tanpa laukpauk…..atau sekedar cemilan yang bisa mengisi perut yang kosong ini….

bahkan sampai saya pernah berdoa Ya Alloh jika engkau tidak berkenan memberi rizki saya pada hari ini ya Alloh….berilah kekuatan pada diri ini ya Alloh untuk bisa menahan lapar hingga bertemunya makanan nanti dari siapapun itu ya Alloh..

temen…temen semua..

sabar dalam kondisi yang sulit mesmang sangat susah….butuh keteguhan hati dan keyakinan yang bulat sama Alloh…bahwa ini semua hanyalah ujian hidup…dari sang maha kholik…

pesan saya untuk semua….baik yang dalam kondisi di atas atau dalam kondisi di bawah, genggamlah erat-erat KOIN KEHIDUPAN ini….

pada saat kita dalam kondisi sulit…bukalah genggaman tangan kita yang berisi KOIN KEHIDUPAN, lihat lah sisi SABARnya….dan sebaliknya pada saat kita diberi kemudahan hidup, bukalah juga genggaman tangan kita, lihatlah sisi SYUKUR dari KOIN KEHIDUPAN yang kita genggam tersebut…

jangn pernah lepaskan KOIN KEHIDUPAN ini…bawalah, genggamlah ia terus hingga akhir hayat ini…

amiiin

semoga bermanaat

Hamba Alloh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: